RSS

Program Kata Nyata (Karang Taruna Punya Kita) (2-Habis)

05 Apr

Halo Indonesia,

Salam Bersih dan pintar dari Kampung Bebulak!

Pada hari Sabtu tanggal 2 April 2016 merupakan hari pelaksanaan kegiatan Karang Taruna Punya Kita yang kedua kalinya. Event yang biasa disingkat Kata Nyata ini merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh tim MI-57 untuk membentuk sosok Karang Taruna yang mandiri dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Acara ini dilaksanakan di kantor kelurahan desa Marga Mulya yang dihadiri oleh awardee LPDP PK-57 dan juga pemuda Karang Taruna.

1.jpg

Foto 1. Bapak Subandi menyampaikan materi

Pada acara kali ini, tim MI-57 mengundang salah satu pengurus Karang Taruna Kabupaten Tengerang, Bapak Subandi Musbah, sebagai pembicara. Beliau mengatakan bahwa kader Karang Taruna sebagai organisasi masyarakat  bidang pemuda yang memiliki cabang hingga tingkat desa memiliki kesempatan yang tinggi untuk ikut serta dalam program yang dicanangkan oleh Pemda. Adapun program-program yang dimaksud adalah program dalam bidang Pemeliharaan anak yatim dan anak terlantar, serta pengembangan pendidikan dan ekonomi alternatif. Selain itu, Karang Taruna juga dapat menjadi kader kesehatan pendamping masyarakat. Kader kesehatan ini membantu mengurus SKTM dan keperluan lain untuk membantu meringankan biaya kesehatan masyarakat di rumah sakit. Tak luput pula perencanaan mengenai pertukaran kader Karang Taruna ke luar daerah bahkan luar negeri. Selain itu, mereka juga diarahkan untuk berperan aktif dalam menyukseskan Program Bank Sampah, merupakan program pemilahan dan daur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat. Program Bank Sampah ini nantinya dapat dijadikan sumber pendapatan alternatif bagi pemuda Karang Taruna. Masih banyak lagi program-program yang dapat dilakukan oleh Karang Taruna seperti program sosialisasi MCK, sekolah bahari untuk literasi nelayan dan program-program lainnya yang sangat mungki untuk melibatkan sponsor.

2

Foto 2. Suasana pelatihan Karang Taruna

Program-program di atas disambut oleh sikap positif dan semangat yang membara dari diri para kader Karang Taruna. Namun, kendala yang sering dialami oleh pemuda Karang Taruna adalah minimnya informasi yang mereka peroleh. Hal ini terjadi karena adanya budaya menutup kesempatan bagi orang lain dan adanya monopoli beberapa jabatan.

3

Foto 3. Sesi tanya jawab

Setelah sesi pemaparan dari Bapak Subandi, para pemuda karang Taruna diberikan kesempatan untuk bertanya. Dari sesi tanya jawab ini, diketahui beberrapa informasi tambahan seperti bahwa berdasarkan UU Desa yang lama, Karang Taruna mendapatkan anggaran 5 juta rupiah per tahun. Sedangkan UU Desa yang baru anggarannya dinaikkan menjadi 1,4 miliar rupiah per tahun. Dana tersebut dapat digunakan untuk melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat desa. Oleh karena itu perlu adanya program yang berkualitas agar dapat didanai oleh pemerintah. Selanjutnya Bapak Subandi menjelaskan mengenai sampah organik dan pengalamannya menggerakkan Karang Taruna

Setelah sesi Bapak Subandi selesai, acara dilanjutkan dengan ice breaking yang dipimpin oleh Mas Warsit dan Mbak Puspita. Games yang dimainkan pada ice breaking kali ini adalah berebut kursi. Peserta diharuskan berdiri dan berpindah saat music dimainkan. Ketika musik berhenti, peserta diharuskan mencari kursi untuk diduduki. Bagi peserta yang tidak mendapatkan kursi, hukumannya adalah berjoged di depan kelas.

4

Foto 4. Sesi ice breaking

Akhir kata, pada acara ‘Kata Nyata’ kali ini, kader Karang Taruna diarahkan untuk dapat menjadi agen pengubah budaya dalam bidang kebersihan dan kesehatan di desa mereka sendiri. Hal ini dilakukan agar pemuda pemudi pengurus Karang Taruna dapat menjadi perintis keberhasilan di masa depan dan memulai karya.

5

Foto 5. Awardee LPDP PK-57 dan Pemuda Karang Taruna

Nantikan cerita mengenai Kampung Bebulak selanjutnya !

Oleh : Ahmad Syihan Auzani dari @menyapanesia57 dan berbagai sumber

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on April 5, 2016 in Beasiswa LPDP, Uncategorized

 

Tags: , , , ,

One response to “Program Kata Nyata (Karang Taruna Punya Kita) (2-Habis)

  1. deazka

    April 6, 2016 at 2:07 am

    Reblogged this on dheazka and commented:
    Kata Nyata
    Karang Taruna Punya Kita

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: