RSS

Margolopers : Kopi Darat Awardee LPDP Chapter Depok

30 Jan

Sebagai lembaga beasiswa terbesar di Indonesia, LPDP memiliki awardee yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, jarak ini tidak menjadi masalah bagi para awardee. Mereka tetap berkomunikasi secara intens melalui media sosial seperti Telegram, Whatsapp, Line, dan sebagainya. Dari perkenalan melalui media sosial ini, komunikasi awardee LPDP dilanjutkan dengan mengadakan kopi darat wilayah-wilayah. Misalnya, grup kopi darat Yogyakarta, Bandung, dan kota-kota lainnya. Tentunya puncak kopi darat ini adalah perhelatan Persiapan Keberangkatan (PK) yang diselenggarakan di Wisma Hijau Depok dimana seluruh awardee dalam satu PK berkumpul full team. Sebelum PK ini dilaksanakan, banyak persiapan-persiapan yang mengharuskan awardee bertemu dan menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan PK.

lpdp pk 57 kopdar 2

Foto 1. Kopdar Margolopers di Museum Bank Mandiri 23 Januari 2016

lpdp kopdar 1

Foto 2. Kopdar Margolopers di Wisma Hijau 16 Januari 2016

pak kamil lpdp

Foto 3. Margolopers bersama Pak Kamil, PIC PK LPD

 

Salah satu grup kopdar dari PK-57 adalah Margolopers, yaitu grup yang berisikan awardee LPDP PK-57 yang berdomisili di Depok. Nama Margolopers sendiri diambil dari nama jalan yang paling terkenal di Depok, yaitu Margonda dan nama PK-57, Kaghati Kolope. Foto 1 di atas menunjukkan Margolopers yang sedang kopdar di acara closing PK-53 di Museum Bank mandiri.

Selanjutnya, saya akan memperkenalkan anggota Margolopers. Yang pertama adalah Joni Ramadan atau yang akrab disapa PapJon (Foto 1 dan 2 paling kiri). Dia adalah seorang ayah yang memiliki putri yang sangat cute bernama Cilla. Biasanya kalau ada kopdar, Cilla diajak sama Papjon dan jadi objek selfie para Margolopers. Uniknya, Cilla sangat pandai bergaya dalam berpose cantik di depan kamera dan Margolopers curiga PapJon sering selfie di rumah sampai ditiru sama Cilla. PapJon berkarir di kementerian keuangan dan akan melanjutkan studi S2 nya di UGM.

Margolopers yang kedua adalah Teddy Prayoga (Foto 1 dan 2 nomor 2 dari kiri). Dia adalah wakil ketua PK-57 yang cukup digandrungi para kaum hawa karena ketampanannya. Teddy merupakan alumnus Unpad Bandung yang saat pra-PK meninggalkan pacar, murid dan segala yang dimilikinya di Bandung dan ngekos di depan Gundar Depok demi kesuksesan PK-57. Rencananya, Teddy akan melanjutkan studi S2 nya di Melbourne di bidang urban holticulture.

Margolopers yang ketiga adalah Arina Larasati Soesijo atau yang biasa dipanggil Arina (nomor tiga dari kiri). Wanita asal Surabaya ini merupakan alumni Petronas University yang akan melanjutkan studinya di bidang Energy Policy di UK. Kontribusi Arina di PK-57 tidak perlu ditanyakan lagi. Dia merupakan teman sekamar kos Ketua PK-57 yang sama-sama ngekos di depan Gundar Depok demi memperjuangkan kesuksesan PK-57.

Margolopers yang keempat adalah Sarah najmilah (foto 1 4 dari kiri, foto 2 5 dari kiri), biasa dipanggil Sarah a.k.a Ibu Ketua PK-57. Wanita berhijab asal Bandung ini merupakan alumni ITB yang akan melanjutkan studi S2 nya di bidang manajemen lingkungan di New Zealand. Meskipun terlihat imut, tapi dia memiliki semangat dan kepemimpinan luar biasa dalam menahkodai PK-57. Saking imutnya, katanya kalau donor darah cuma diambil setengah. Berkat Sarah, urusan dengan Pak Kamil semuanya lancar.

Margolopers yang kelima adalah Alia Nur Dwirahmani (foto 1: 4 dari kanan, foto 2: 3 dari kanan). Alia merupakan alumni HI Universitas Parahyangan Bandung yang akan melanjutkan studinya di US pada bidang yang sama. Berbeda dengan Margolopers yang sudah saya kenalkan sebelumnya, Alia merupakan Margolopers yang benar-benar tinggal di Depok.

Margolopers yang keenam adalah Yusup Suryadin (foto 2 paling kanan). Pria yang kerap disapa Aa’ Cuppy atau ucup ini berkarir di BPK RI. Pria yang merupakan alumi STAN ini merupakan anak gaul yang sering nongkrong di mall-mall ternama di Jakarta (Depok nggak level). Pada kopdar kedua dia tidak bisa hadir karena ada masalah dengan tetangganya gara-gara saluran air rumahnya bocor.

Margolopers yang ketujuh adalah Pasga Purisha (nggak kefoto). Pasga yang juga wakil ketua PK-57 ini merupakan teman sekamar Teddy di kosan. Pria yang berasal dari Jogja ini merupakan alumni instrumentasi UGM dan akan melanjutkan studi S2 nya di UK. Sayangnya, ketika kopdar Depok pertama berlangsung, Pasga sedang berada di Jogja. Mungkin karena di Jogja juga ada Depok. Untungnya Pasga bisa bergabung di kopdar kedua meskipun sempat salah naik commuter line.

Margolopers yang terakhir adalah Ahmad Syihan Auzani alias saya sendiri (foto 1 pling kanan, foto 2 nomor 2 dari kanan). Sekedar informasi saja, saya sudah lebih dari 5 tahun tinggal di Depok karena kebetulan kuliahnya juga di UI. Rencananya, saya akan melanjutkan studi PhD di University of Sheffield di bidang Energi.

lpdp kopdar 2 selfie

Foto4. Perwakilan PK-57 di Closing PK 53

12650802_10206783013066272_71397031054873561_n

Foto 5. Masih PK-57

 

Depok merupakan tempat yang sangat strategis di PK-57 dan mungkin PK-PK yang lain karena sebagian besar kegiatan PK dilaksanakan di Wisma Hijau Depok. Oleh sebab itu pula BPH PK-57 ngekos di Depok agar lebih mudah mempersiapkan PK. Karena Depok strategis, seringkali anggota kopdar sebelah ikut nimbrung di kopdar Depok. Berikut akan saya perkenalkan anggota kopdar sebelah yang ada di foto di atas.

Yang pertama adalah Ardina Putri Rahtama atau biasa dipanggil Putri (Berhijab dan paling tinggi). Wanita yang juga PJ Kopdar PK-57 ini rajin blusukan di kopdar-kopdar Jabodetabek. Yang kedua adalah Sanny Kusuma Sary atau biasa dipanggil Sanny (foto 1 nomor 3 dari kanan). Wanita yang juga vokalis lagu angkatan PK-57 ini adalah seorang dokter yang akan melanjutkan studinya di FKUI program dokter spesialis penyakit jantung. Yang ketiga adalah Shafrina. Yang satu ini saya baru tahu kalau dia teman seangkatan di FTUI, anak Bioproses 2010 (ngakunya solid, tapi baru kenal). Ada juga bang Winson Jos, Widya, dll yang saya belum sempat kenalan.

arina lpdp

syihan lpdp

Foto 6. Iseng-iseng Berhadiah

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, Margolopers sebagian besar beranggotakan BPH PK-57, jadi dua kali kopdar yang sudah dilaksanakan kami menghadiri closing PK 52 dan 53. Dengan begitu, kami lebih tau acara PK yang sudah dilaksanakan dan menjadi gambaran untuk PK-57 nantinya. Foto 5 dan 6 ceritanya saya sama Arina ikutan kuis yang diadakan oleh PK-53. Untuk Arina, pertanyaannya tagline PK-53 dan hadiahnya bingkisan makeup dari Emina (untung bukan pisau cukur). Sedangkan saya ditanya seputar LPDP dan hadiahnya voucher dari Prodia. Lumayan lah…

Kopdar tambahan

lpdp kopdar 3

 

Advertisements
 
 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: